SMK NEGERI 1 JEPARA

 




Bingung mau masuk kemana setelah lulus SMP? Masuk di SMK NEGERI 1 JEPARA aja ada banyak program keahlian dan Ekstrakulikuler.

SMK NEGERI 1 JEPARA
Memiliki 7 jurusan yang akan kalian minati saat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), Di SMK Negeri 1 Jepara dapat memilih salah satu dari ketujuh jurusan tersebut. Ada banyak juga ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Jepara, selain itu juga ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh SMK Negeri 1 Jepara. 

Ketujuh Jurusan Tersebut Adalah :

1. NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) :

Nautika kapal Penangkap Ikan (NKPI) Merupakan disiplin ilmu yang mempelajari Nautika dan Perikanan. Nautika mempelajari tentang teknik bernavigasi dengan menggunakan kapal laut serta teknik dasar keselamatan di atas kapal. Sedangkan Perikanan mempelajari teknik dan metode penangkapan ikan.  Adapun keunggulan Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) SMK Negeri 1 Jepara adalah sebagai berikut :
  • Memiliki peluang kerja yang luas sehingga lulusan lebih mudah memperoleh pekerjaan sesuai bidangnya. 
  • Sekolah SMK Negeri 1 berdekatan dengan pantai dimana hal ini dapat membuat atau memberikan manfaat untuk tempat praktek pengenalan kelautan.

2. APHP(Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) :

Agribisnis pengolahan hasil pertanian atau biasa disingkat dengan APHP merupakan kompetensi keahlian yang mempelajari bagaimana pengolahan hasil tani hingga menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi, termasuk bagaimana penjualan produk tersebut. Lulusan APHP bisa bekerja di industri pertanian, pengolahan makanan, atau berwirausaha sendiri. Kalau siswa akan melajutkan ke jenjang yang lebih tinggi juga sangat bisa. APHP tidak terlalu sering membahas cara menanam atau menjadi petani. Akan tetapi, mempelajari juga bagaimana mengolah hasil tani tersebut (herbal, ternak, tanaman pangan, dan sebagainya) diolah menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual tinggi. APHP juga membahas bagaimana cara penjualan produk tersebut. Jadi, sangat menyenangkan karena para siswa tahu cara menanam dan mengembangkan pertanian yang menguntungkan.

3. APHPi (Agribisnis Pengelolaan Hasil Perikanan) :

APHPi (Agribisnis Pengelolaan Hasil Perikanan), jurusan ini mempelajari mengenai pengolahan hasil perikanan, dengan memanfaatkan teknologi. Siswanya diajarkan dari mulai penanganan dan pengolahan hasil tangkapan ikan, hingga produksi hasil perikanan menggunakan berbagai alat dan metode. Materinya mencakup ilmu sains, penggunaan teknologi, manajemen, komunikasi, dan pangan. Kompetensi yang dimiliki di antaranya adalah melakukan pengawasan mutu serta menerapkan higiene dan sanitasi hasil perikanan, mengenal peralatan, bahan baku, menentukan komposisi dan nilai gizi produk hasil perikanan, dan lainnya. Jika kamu kreatif, suka dengan perkembangan sains dan teknologi, tertarik dengan hal yang berkaitan dengan pangan, kesehatan, dan gizi, kamu bisa mengambil jurusan ini.

4. APAT (Agribisnis Perikanan Air Tawar) :

Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT) adalah jurusan yang  mempelajari proses pemeliharaan dan pengelolaan ikan air tawar untuk usaha. Mata pelajaran yang diberikan antara lain Dasar-dasar Budidaya Perikanan, Kualitas Air, Hama Penyakit, Produksi Pakan Alami dan Buatan, Teknik Pengembangbiakan Komoditas Perikanan Air Tawar, serta Teknik Penanganan Pasca Panen. Dipelajari pula mengenai pengolahan hasil perikanan dan kewirausahaan, dan juga dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Ruang Lingkup Pekerjaan : 
•Pembenihan ikan
•Pembesaran ikan
•Pembuatan wadah budidaya (kolam, akuarium, dll)
•Pakan alami & pakan buatan
•Hama dan penyakit ikan

5. TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif) 

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) merupakan kompetensi keahlian dibidang Teknik Otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan.  Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan didunia usaha industri.

Kemampuan Produktif : 
•Mampu mendiagnosa, memperbaiki dan merawat sistem   engine bermotor bensin dan diesel pada mobil. 
•Tune up mesin bensin dan mesin diesel.
•Memelihara mesin bensin dan mesin diesel. 
•Mampu mendiagnosa, memperbaiki dan merawat sistem   pemindah tenaga pada mobil. 
•Memelihara dan memperbaiki transmisi manual dan   otomatis. 
•Memelihara dan memperbaiki Final Drive / Gardan, Propeller   dan Kopling. 
•Mampu mendiagnosa, memperbaiki dan merawat sistem   chasis dan kelistrikan mobil. 
•Memelihara dan memperbaiki body dan chasis. 
•Mampu merangkai dan memperbaiki rangkaian kelistrikan   pada mobil dan motor. 

Materi yang akan dipelajari di kompetensi keahlian TKRO, yaitu Teknologi Dasar Otomotif, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan, Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan. dan lainnya sesuai bidang TKRO.

6. TJKT (Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi)

TJKT adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak dan internet. TJKT Adalah singkatan dari Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi. TJKT merupakan sebuah kejuruan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, mengenal dan mempelajari komponen hardware apa saja yang ada di dalam komputer, merakit komputer serta fokus mempelajari jaringan dasar. Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) merupakan program keahlian yang membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merakit, menginstall program, merawat dan memperbaiki komputer serta jaringannya.
Berikut ini pilihan karir untuk lulusan SMK jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi :

•Teknisi Komputer.
•Teknisi Jaringan.
•Administrasi Server.
•Programmer.
•Web Developer.
•Data Entry.
•IT Support.

Kelebihan jurusan TJKT sendiri adalah mengerti dunia teknologi terutama komputer dan jaringan, Sehingga setelah lulus diharapkan anda bisa langsung bekerja sebagai Network Administrator. Pekerjaan mulai dari menyusun kabel, mengontrol sever, membangun topologi jaringan di setiap kebutuhannya. Itulah jurusan TJKT, jika anda berminat menjadi siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan pastikan anda senang untuk mempelajari komputer dan jaringan.

7. BKP (Bisnis Kontruksi dan Properti)

Program Keahlian Bisnis Konstruksi dan Perumahan (BKP) merupakan jurusan yang mempelajari tentang konstruksi bangunan dan furniture perkayuan, pengukuran tanah, rancangan anggaran biaya (RAB) konstruksi bangunan, laporan pelaksanaan konstruksi bangunan, perencanaan bisnis konstruksi dan properti, pelaksanaan dan pengawasan konstruksi, dan sebagainya. Lulusan bidang Konstruksi umumnya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan konstruksi, developer, juga real estate. 

Materi Produktif yang dipelajari :
•Gambar Teknik. 
•Mekanika Teknik. 
•Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah. 
•Perencanaan Bisnis Konstruksi dan Properti. 
•Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi dan Properti. 
•Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti. 
•Estimasi Biaya Konstruksi dan Properti. 
•Produk Kreatif dan Kewirausahaan. 

Ekstrakurikuler SMK Negeri 1 Jepara :

Ada juga ekstrakurikuler yang tersedia di SMK Negeri 1 Jepara, yang mungkin saja bisa menjadi motivasi dalam mengembangkan bakat dan keterampilan serta mengisi waktu luang, yang pasti kalian akan tertarik, berikut ini beberapa ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Jepara :

1. PASSUS 
2. PMR
3. FUTSAL & Sepak Bola
4. Seni Musik
5. Tari
6. Rohis
7. Dayung
7. Voly
8. Pramuka
9. Pecinta Alam
10. Paduan Suara
11. Bahasa Jepang
12. Tae Kwon Do
13. Basket

Untuk info Lebih Lanjut bisa cek di
Website: https://smkn1jepara.sch.id/
Facebook: https://www.facebook.com/SmkNegeri1Jepara/
Instragram: SMK Negeri 1 Jepara
Youtube: https://youtube.com/@SMKNegeri1Jepara
Pendaftaran dibuka 15 juni - 7 juli

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama